Eksplore anything with the simple way...

Sunday, January 3, 2010

Black info : Penemu Air Conditioner (AC)

Jika musim panas tiba, biasanya kita selalu akrab dengan kipas angin atau juga AC (Air Conditioner). Sebab kesejukan yang ditimbulkan oleh hawa kipas dan AC memang dibutuhkan untuk meredam hawa panas yang sangat menyiksa.
Karena itu berterima kasihlah pada JOHN GORRIE yang mencetuskan ide membuat AC. Dia sedianya mendapatkan Djarum Black Innovation Award dari Pihak Djarum Black. Sayangnya John hidup di tahun 1802 M. Hehee...

Djarum Black Info kali ini menceritakan sang penemu AC yang sebagian dikutip dari buku yang ditulis Katie Hafner dan Mathew Lyon dalam bukunya : “where wizards stay up late”, dan versi Indonesia oleh Tegar Satria dengan penerbit Shira Media. Selamat menyimak !

Kita tidak perlu merasakan penderitaan karena hawa panas yang terkadang membuat tubuh terasa lengket akibat keringat. Tetapi tahukah Anda? Jika John menciptakan AC karena terinspirasi oleh kepeduliannya terhadap orang sakit ?

John sebenarnya seorang dokter berwarga negara Amerika Serikat yang bukan dari kalangan Black skin (Negro) seperti yang diberitakan selama ini.
Gagasannya membuat mesin pendingin berawal dari banyaknya pasien yang menderita malaria atau penyakit lain dengan gejala demam tinggi.

Ketika itu udara terasa panas sehingga membuat pasien tidak nyaman, maka pria kelahiran Charleston, California Selatan, 3 Oktober 1802 ini, memutar otaknya bagaimana caranya agar suhu badan para pasien bisa turun.
Setelah melihat kipas angin yang ada di depannya ia menemukan ide. John memasang bongkahan es batu di depan kipas. Ternyata menghasilkan udara sejuk dan segar seperti Djarum Black menthol



Dalam perkembangannya, Ia merancang dan mengembangkan mesin eksperimen pembuat es. Mesin ciptaannya didasarkan pada hukum fisika bahwa panas selalu mengalir dari gas atau cairan yang lebih panas menuju gas atau cairan yang lebih dingin.

Mesin tersebut bekerja dengan cara memadatkan gas (kompres) sehingga menjadi panas, kemudian gas tersebut dialirkan ke koil-koil untuk diturunkan tekanannya (dekompres). Alhasil, udara menjadi dingin.

Untuk mengembangkan penemuannya, pada tahun 1845, Gorrie memutuskan untuk berhenti menjadi dokter. Enam tahun kemudian ia berhasil menerima hak paten pertama yang dikeluarkan untuk sebuah mesin pendingin. Inilah awalnya ditemukan mesin pendingin yang kini dikenal dengan nama Air conditioner.

Sungguh kisah John ini membuktikan bahwa sebuah kepedulian yang tulus akan mengantarkan kita pada kebaikann. Dari sekadar ingin mendinginkan ruangan tempat pasiennya. John kini berhasil “mendinginkan” dunia dengan AC nya.

0 comments:

Post a Comment