Eksplore anything with the simple way...

Sunday, January 3, 2010

Black Pop Corn


Salah satu artikel dari Tag Djarum Black Blog Competition Volume 2.

Berbagai improfisasi saya lakukan untuk menghubungkan isi postingan dengan 14 keyword Djarum Black, termasuk dalam postingan ini yang membahas tentang pop corn yang saya tambahkan menjadi Djarum Black Pop Corn, paling bisaaa...hehee... heee...

Tahukah Anda jenis makanan kecil yang paling disukai saat menonton film? Jawabannya Pop Corn alias berondong jagung.
Dari namanya Pop Corn ternyata berasal dari asal suara saat jagung itu meledak ketika dipanaskan. Pop..pop, pop ! Itulah suara yang terdengar dan kemudian membuat orang menamainya. Pop Corn.

Namun sebenarnya itu hanyalah nama populernya saja. Sebab, aslinya Pop Corn ternyata sudah berusia ribuan tahun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak lukisan di gua-gua bawah tanah terdapat coretan yang menggambarkan jagung ini.

Namun data yang cukup dipercaya mengatakan bahwa Pop Corn berasal dari 5 ribu tahun silam dimana awalnya datang dari Meksiko dan kemudian menyebar ke India, China dan Sumatra. Jagung ini kemudian menyebar ke Eropa seiring dengan banyaknya penjelajah dari daratan eropa ke berbagai benua.

Selain bisa dimakan jaman dahulu Pop Corn ternyata juga sering dijadikan permainan.
Meski tidak disebutkan secara pasti lokasinya, ada sebuah suku yang mendiami pulau sering bermain jagung ini.

Caranya jagung tersebut diletakkan pada satu wadah yang terbuat dari batu panas. Seiring dengan perubahan suhu, jagung itu akan “meledak” dan terbang kemana-mana. Nah inti permainan ini adalah pemain harus berusaha menangkap jagung-jagung yang beterbangan.

Sang pemenang diperbolehkan memakan jagung tersebut. Orang jaman dahulu ternyata cukup kreatif dalam mencari cara menghibur diri. Seyogyanya kalau dulu ada Djarum Black Innovation Award, saya kira mereka pantas mendapatkannya.

Sebagian dikutip dari Penulis Tegar Satria, penerbit Shafira.

0 comments:

Post a Comment