Eksplore anything with the simple way...

Wednesday, December 30, 2009

Black Info (7) : Hidrologi

Sambungan Black Info (6) : Hidrologi dalam Mengikuti Djarum Black Blog Competition Vol. 2


Pada postingan sebelumnya disebutkan bahwa air tanah secara keseluruhan menjadi persoalan yang perlu direncanakan secara jangka panjang dan perlu di respons secara cepat dan tepat, agar tidak terjadi dampak yang buruk pada masa yang akan datang, baik oleh pemerintah Pusat maupun Daerah.

Apalagi sekarang di Jakarta, untuk mengantisipasi banjir yang terus menerus mengganggu Ibukota saat musim hujan, para stake holder khususnya Pemda DKI dengan gencarnya melakukan langkah antisipasi seperti membangun Kanal Timur Jakarta dan infra struktur lainnya.

Via tulisan dalam rangka mengikuti Djarum Black Blog Competition Volume 2 ini, mudah-mudahan bisa menjadi sebuah referensi ilmiah, agar kegiatan tersebut terutama yang berhubungan dengan Hidrologi bisa ditangani dengan tepat dan tidak terkesan spekulatif.

Masih maraknya kasus iIlegal logging di hampir semua hutan di Indonesia merupakan salah satu penghambat pertumbuhan sub sektor kehutanan.

Dengan semakin banyak pepohonan yang melepaskan uap air ke awan, maka akan terjadi siklus di atas awan dengan membentuk awan cumulanimbus dan mengalami proses kondensasi dan uap air akan terbentuk dan selanjutnya akan terjadi presipitasi atau hujan. Hal inilah kenapa pohon-pohon yang ada di hutan menjadi sangat penting.

Kita tentu pernah melihat suasana dimana kita dapat melihat fenomena kumpulnya awan-awan hitam yang ada di puncak gunung. Awan-awan tersebut selanjutnya akan mengalami proses kondensasi dan proses pengumpulan uap air dan selanjutnya akan turun melalui hujan, hal inilah yang terjadi dalam proses terbentuknya hujan Pada saat turunnya hujan, maka akan terjadi suatu proses lanjut yang akan terjadi yaitu adanya faktor angin yang selanjutnya akan membawa awan-awan tersebut ke daratan dan selanjutnya di daratan akan mengalami hujan seperti yang terjadi di hutan. Apabila semakin intens hujan, maka akan terbentuk air permukaan dan air akan menuju pori-pori tanah kedalam yang disebut perkolasi.


dataran rendah dan akan terbentuk akuifer-akuifer baru yang ada di bawah dengan nama akuifer bebas dengan tingkat porositas yang tinggi.

Selanjutnya dapat di manfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan mengairi sawah dan menjadi tempat untuk keperluan rumah tangga. gambar yang ada di bawah ini menunjukkan proses terjadinya air tanah dan proses terbentuknya air tanah yang ada di dataran rendah.

Proses ini berawal dari terbentuknya sejumlah output-output dari aliran air tanah yang mengalir dari atas yang selanjutnya akan terbentuk spot-spot atau titik air yang ada di bawah. Semakin tinggi aliran air dari atas, maka akan terjadi air permukaan di bawah dan terjadi penggenangan.

Bersambung ke postingan mendatang di Djarum Black Info (8) : Hidrologi.

0 comments:

Post a Comment