Eksplore anything with the simple way...

Wednesday, December 30, 2009

Black Info (8) : Hidrologi

Sambungan dari Djarum Black Info (8) : Hidrologi

Via tulisan dalam rangka mengikuti Djarum Black Blog Competition Volume 2 ini, mudah-mudahan bisa menjadi sebuah referensi ilmiah, agar kegiatan antisipasi banjir di Jakarta terutama yang berhubungan dengan Hidrologi bisa ditangani secara tepat, akurat dan tidak terkesan spekulatif.

Air tanah merupakan air yang mengisi rongga-rongga batuan di bawah permukaan tanah pada zone jenuh air.

Dalam Lokasi tanah yang memiliki perbedaan struktur yang berasal dari proses dan formasi yang berbeda dengan lokasi diluarnya, tanah ini merupakan jenis tanah alluvial marine atau jenis tanah dengan tingkat kegaraman rendah, sedang dan semakin dekat dengan laut maka akan semakin tinggi tingkat garamnya.

Kondisi air tanah pada lokasi ini sangat beragam dan pada musim tertentu akan mengalami perubahan dan faktor tersebut juga merupakan faktor cuaca dan iklim serta faktor radiasi terestrial yang mana permukaan lahan dan lauatan memiliki panas yang diserap dari radiasi matahari.

Akibatnya bumi/ lahan pada akhirnya juga menghasilkan radiasi yang terkirim ke atmosefer dengan gelombang panjang antara 3-4 micron.

Kita asumsikan bahwa radiasi yang masuk pada tanah pada musim hujan dan musim kering akan sangat berbeda dan suhu yang terjadi juga akan mengalami perubahana dengan daya serap tanah akan berbeda.

Kita dapat mengasumsikan bahwa pada musim hujan dengan tingkat ground water yang tinggi akan memiliki daya absorbed yang tinggi, dan air tanahnya juga akan mengalami suatu intrusi dengan kedalaman tertentu dan memiliki daya tekanan yang kuat antara sea water intrusion dan ground water intrusion.

Kemudian akan mengalami perubahan permeabilitas air dan cenderung akan mengarah pada posisi air yang tertekan dan air tersebut akan mengalami apa yang disebut sebagai cone of ascension untuk air laut dan cone of depression dari air permukaan.

Timbulah saltwater intrusion dan pada keadaan saling bertekanan antara kedua aliran ini akan membentuk fresh water atau air yang dapat di konsumsi.

Postingan Penutup untuk 3 artikel tentang Hidrologi dalam Djarum Black Info

0 comments:

Post a Comment