Eksplore anything with the simple way...

Sunday, July 5, 2009

Pesona Pulau Ular di Kabupaten Bima Timur

Ular Langka di Bima TimurKabupaten Bima Timur - Ini sebuah informasi buat anda yang punya hobi berpetualang mencari situs-situs langka. Tersebutlah sebuah pulau kecil di wilayah Kabupaten Bima bagian timur, tepatnya di Kecamatan Wera Desa Pai.
Pulau ini terletak dekat sekali dengan daratan Pulau Sumbawa hanya lebih kurang 400-500 m.
Pulau Ular demikian Orang Bima menyebutnya, karena mungkin pulau ini hanya dihuni oleh sekelompok ular-ular jinak yang tidak mengganggu penduduk.
Yang menarik sebenarnya bukan karena banyaknya ular atau tidak adanya manusia yang mau tinggal di pulau yang kirakira seluas 500 m2 ini, tetapi lebih karena ular-ular ini berbeda dengan umumnya ular yang ada di Daerah Bima.
Karena ular-ular ini mencari makanan di dalam laut dan beristirahat di atas pulau di antara celahcelah bebatuan, atau bergelantungan pada tebing-tebing terjal, maka menambah daya tarik pulau ini.
Ular-ular tersebut sungguh mempesona dengan kilauan warna hitam putih cerah. Melihat pemandangan seperti ini, adalah momen yang sangat disukai oleh wisatawan domestik, terutama anak-anak. Mereka tanpa ketakutan mengalungkan ular-ular besar ini di lehernya. Yang tidak kalah anehnya, bentuk ekor ular ini sudah pipih menyerupai ekor ikan. Para nelayan yang mejaring ikan di sekitar tempat itu sering menemukannya masuk dalam jaring. Tetapi dengan segera mereka melepaskannya. Mereka punya mitos khusus terhadap ular ini. Ular ini tidak bisa dibawa kemana-mana. Kalau ada yang membawanya keluar dari daerah itu, ular tersebut akan segera kembalike komunitasnya lagi. Kalau tidak bisa kembali, dipercayai akan mendatangkan bencana bagi masyarakat Desa Pai, makanya masyarakat desa sangat menjaga kelestarian satwa itu.
Tidak ada satupun orang yang bisa membawa ular itu meski hanya satu ekor biar yang paling kecil sekalipun.
Secara ilmiah mungkin bisa dibangun paling tidak 2 asumsi yang bisa dijadikan dugaan keberadaan ular itu. Pertama, ular-ular itu asalnya adalah ular yang sama seperti didaratan pulau-pulau pada umumnya tetapi karena pulau itu terpisah oleh proses alam seperti pengikisan dan abrasi komunitas tempat mereka tinggal sehingga mengalami evolusi.
Asumsi kedua, ular-ular itu adalah ULAR LAUT yang sangat langka karena habitatnya di laut yang memang hanya ditemukan di daerah ini, tepatnya di Desa Pai Kecamatan Wera, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, tetapi disisi lain ular ini beristirahan di tebing-tebing untuk melakukan pemijahan.
Keberadaan ular ini, sangat menarik perhatian sehingga disarankan, perlu diadakan penelitian lebih lanjut.
Masyarakat setempat justru menganggap komunitas ular yang populasinya sekitar hampir 700 ekor ini sebagai mitos atau disebut Ular Jadi-jadian.

Selayaknya pemerintah daerah menjadikan Pulau Ular Kabupaten Bima ini sebagai cagar alam yang mesti dilindungi dan perlu didukung oleh kebijakan berupa payung hukum semacam perda ataupun Instruksi Bupati seperti di daerah-daerah lain sebagai salah satu pendukung upaya promosi Kabupaten Bima untuk kepentingan pariwisata di Kabupaten Bima Timur.

9 comments:

** elfahrybimantara ** said...

Oke. ular perlu diteliti. tapi sbg model promosi wisata baiknya cerita legenda asal usul ular perlu di upload bang. cerita crew kapal belanda dg segenap mitos2 masyarakat stempat menambah daya tarik wisata. Oh ya, kapan kita bikin peta terbaik tuk goa wera ? nilai jual objek wisatanya tambah tinggi. kita majukan wisata bima (timur). thanks.

gaelby said...

yuph... wisata mmng prospek yg sangat menjanjikan buat KBT...

** elfahrybimantara ** said...

Doro sangiang dipromosikan lg. cari referensi, data, cerita rakyat (legenda), rute pendakian, potensi lahan sekitar, sarana penunjang, potensi scuba diving, biota endemik perairan sktr, dukungan masy lokal selengkap2nya. kita bt website. kita jual potensi itu. siap bersaing dg rinjani, tambora. Visit Bima 2009. Sektor Jasa jd andalan. OK. Piye ?

gaelby said...

yuph... that's great ide...

Asrarudin Hamid said...

Yep..Sukses 4 Bima TIMUR!!

gaelby salahuddin said...

@Asrarudin Hamid : Sukses slalu, Thanks dah mampir

THE SICOV said...

mada ma bantu promosi pulau ular

Faradina Ayu kartika said...

sukses selalu pak guru..
saya sellau mendukung untuk kemajuan bima timur..
mari terus kita pelihara keasrian,budaya,keanekaragaman dan ke khasan bima .....
:)

Administrator said...

kemarin ke saya, pulaunya bagus sayang kurang petunjuk jalan dan kurang dipromosikan dengan baik http://dutapraja.blogspot.com/2014/10/pulau-ular-bima.html

Post a Comment