Eksplore anything with the simple way...

Sunday, July 19, 2009

Bima Timur, Versi Ncuhi Doro Wony

Bima Timur - Hampir tujuh tahun sudah, opini Bima Timur terus bergulir.
Sebagai manusia mbojo, tahukah anda ciri khas dan identitas khusus suku mbojo?
Tahukah anda perbedaan filsafat hidup, prinsip berjuang, patriotisme dan intelektualisme orang Mbojo khusus yang mendiami wilayah Kabupaten Bima bagian timur?

Apa alasan dasar mereka bicara pemekaran Kabupaten Bima?
Seribu opini, respons dan pro kontradiksi boleh bersembul: Seperti beginilah kesan dan argumen perwakilan buruh, petani, nelayan, kusir benhur, tukang ojeg, pekerja pabrik swasta dll, di Bima Timur.

Jangan tersinggung, yang posting ini buruh kasar, tidak terbiasa bilang SANTABE. Slamat menyimak.

Bima Timur, tersebar di wilayah Sape Bima, Lambu, Wera, Ambalawi, Wawo dan Langgudu: diakui atau tidak merupakan pelosok Bima yang memiliki multi TER dibanding daerah lain seantero Bima:

1. Orang Bima Timur?
TERberani!!! (tapi jangan kaitkan dengan angka kriminal, itu bukan cermin. Kalo mo sebut SDM, cari orang pinTER? datanglah ke Bima Timur. Kalo mo sebut calon prajurit (polisi TER, TEntaRa TER) banyak disana, tapi kalo mo lebih jelas, tanya aja Pak Faruk atau Pak Hidayat.
TER serah. Mo cari Ilmu Fi Tua (Fatwa)? di Wera ada bentak GURUH, di Sape ada TERa dan BEKEn, di Wawo ada taji tuta, mo lebih pakem? datanglah ke Sape, akan aku tunjukkan padamu, supaya kau bisa duduk dihadapan NCUHI DORO WONI.


Intelektuality orang Bima Timur? Jangan tanya lagi, cukup satu kata : Output Perguruan Tinggi asli dou mbojo, statistik primer Human Resources BKPM Jakarta tahun 2007, Unsur cerdik cendekiawan intelektual Sarjana di NTB terbanyak dominan berasal dari Bima Timur.

2. Wilayah Bima Timur?
TERtandus. Tapi Ma,af kita tidak boleh menyebutnya gERsang, karena dibalik perut bumi yang kering itu terkandung Natural Resources/SDA TERkaya dan TERmahal di Bima.
Daratnya TERisi dan TERjal, tapi komoditi unggulan yang mendonori hampir 55 % PAD Kabupaten Bima lahir dari sana.

Bawang TERbaik, mangan TERpilih, besi TERkuat. Analisa kelayakan wilayah kelak menghasilkan satu kata, TERlayak.
Lautnya TERluas dan TERbersih, sehingga sebagai sentra titik bahari Segi Tiga Emas lintas Bali Komodo Tanatoraja, bukan karena aspek primitif, adalah karena alasan aspek maritim. Komuditi? Agro industri? disana ada mutiara TERindah, ikan TERbaik, sarang burung walet TERhebat, pesona bahari TERkaya, bonsai santigi TERindah di dunia.

3. Pendapatan Daerah Bima Timur?
Sebagai orang Bima TERulet, sebagai wilayah TERkaya, sebagai SDM TERhandal, sebagai Historis TERasri, Bima Timur adalah indikator ekonomi TERpadat di NTB, jauh bumi langit dibanding Lombok Utara yang kemarin siang dianakpinangkan.
Sebagai sumber Pendapatan ASDP TERbesar di NTB, Pegadaian TERlaris di Indonesia Tengah, jumlah Lembaga Keuangan TERbanyak di Pulau Sumbawa, sekolah TERcontoh di NTB, aktivitas ekonomi TERcepat di NTB, mobilitas uang TERefektif di NTB.
SEMUA TER pada variabel ekonimi itu tinggal dikemas dengan kolaburasi Badan Usaha Milik Daerah sebagai salah satu sumber PAD, klasifikasi alokasi retribusi dan pph 21 individu dan pph 25 badan, tinggal dirumuskan secara spesifik melalui PERDA yang memanfaatkan estafet otonomi daerah. Insya ALLAH, telah dirumuskan Master Planningnya oleh para Pejuang Bima Timur. Hidup Bima Timur!!!

0 comments:

Post a Comment